Field Testing yang Seru

Ada Field Testing di Sanggar Mama Bilqis.

Apa itu field testing? Jadi ceritanya, saya sedang mendapat tugas menjadi editor untuk enam buku yang akan terbit di web dan aplikasi Let's Read. Asia Foundation (Let's Read) bersama Litara Foundation sudah bekerja sama untuk mengadakan workshop buku bergambar bernama BookLab. Kali ini adalah BookLab kelima.

Buku-buku yang dihasilkan ditulis oleh penulis yang diseleksi. Seleksi melalui naskah yang mereka kirim, lalu naskah itu diilustrasi oleh ilustrator yang juga diseleksi. Penulis dan ilustrator selama proses pengerjaan, didampingi oleh editor dan seorang art editor.


Ketika naskah sudah diilustrasi, dan bersiap terbit, naskah itu harus melalui proses uji keterbacaan. Uji keterbacaan itu untuk melihat berbagai aspek, apakah pembaca sasaran sesuai jenjang yang ditulis dalam buku itu, paham yang tertera di dalamnya? Nanti, akan ada revisi lagi, sebelum akhirnya benar-benar terbit.

Siapa yang melakukan field testing? Penulis. Editor boleh juga, dong. Saya bertanggung jawab atas enam buku yang saya editori. Terlebih anak-anak di Sanggar juga sudah terbiasa berinteraksi dengan buku-buku cerita bergambar terbitan Litara.



Lihat, mereka seru loh membaca buku yang ada di dalamnya. Kami pun bisa berdiskusi tentang isi buku tersebut, sambil mengenalkan hal-hal yang ada di dalam buku yang belum pernah mereka kenal sebelumnya.


 

Comments